BahasaBahasa | EnglishEnglish
Home|Institut Informatika & Bisnis Darmajaya Lampung - Darmajaya Siap Dukung 1.000 Web Blog Pelajar Lampung
Darmajaya Siap Dukung 1.000 Web Blog Pelajar Lampung Print E-mail
Written by Novita Sari, S.Sos   
Wednesday, 23 July 2008
Image BANDARLAMPUNG---Perhelatan akbar yang akan dilaksanakan oleh PT Telkom Lampung yaitu memajukan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Provinsi Lampung melalui even besar Lomba Web Blog 1.000 pelajar Lampung patut mendapatkan dukungan. Mengingat pentingnya kegiatan itu, maka Perguruan Tinggi Darmajaya siap mendukung Telkom dengan menyediakan venue (lokasi) lomba 1.000 web blog pelajar Lampung tersebut. Lomba dipusatkan di area lapangan futsal Perguruan Tinggi Darmajaya. Sementara itu, 100 unit notebook telah pula disediakan oleh Alam Prima Komputer, vendor notebook terbesar  di Provinsi Lampung. Kepesertaan lomba yang melibatkan 1.000 pelajar Lampung ini akan dicatatkan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai satu-satunya lomba yang melibatkan jumlah pelajar terbanyak dalam waktu yang sangat singkat yaitu maksimal 3 jam pelaksanaan.

 

“Dalam kegiatan lomba nanti, akan disusun sebuah skenario lomba  10 session, oleh sebab itu venue yang kita sediakan hanya akan mengakomodir jumlah peserta sebanyak 100 pelajar. Jika dikalikan 10 session maka jumlah peserta lomba sebanyak 1.000 akan selesai dalam waktu maksimal 3 jam. Juri yang dilibatkan sebanyak 50 orang, sebagian dari Telkom dan sebagian lagi dari Darmajaya. Dalam tiap session lomba 1 juri akan menilai 2 peserta,” papar Pembantu Ketua 3 Darmajaya, Sriyanto, S.Kom, MM yang dalam kegiatan ini bertindak sebagai wakil ketua panitia lokal Darmajaya. Di tempat terpisah, Ketua Perguruan Tinggi Darmajaya, Andi Desfiandi, Se, MA  mengatakan bahwa Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini telah berkembang sangat pesat dan berpengaruh sangat signifikan terhadap pribadi maupun komunitas, segala aktivitas, kehidupan, cara kerja, metoda belajar, gaya hidup maupun cara berpikir. Dalam bidang pendidikan misalnya, saat ini telah mencapai kondisi dimana anak didik telah memahami perkembangan dan kemajuan TIK, tentu saja kondisi ini harus diseimbangkan oleh para  guru yang juga harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan TIK baik untuk mendukung proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan kemajuan TIK dalam dunia pendidikan adalah pilihan yang tepat untuk upaya peningkatan mutu pendidikan.  

“Tujuan  dari kegiatan lomba 1.000 web blog ini tidak semata-mata   untuk mencatatkan sejarah perkembangan TIK Provinsi Lampung di Musium Rekor Indonesia, namun tujuan yang lebih mulia adalah untuk mewujudkan cita-cita kita bersama yaitu  merealisasikan sekolah berbasis TIK dengan segala dukungan sarana, infrastruktur dan sumber daya manusia dari semua pihak. Baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Upaya-upaya yang dilakukan ini adalah sejalan dengan tuntutan pendidikan sekarang dan masa depan harus diarahkan pada peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral. Dengan kemampuan dan sikap manusia Indonesia yang demikian diharapkan dapat mendudukkan diri secara bermartabat di masyarakat dunia di era globalisasi ini,” tutur Andi.(**)

 

 

Last Updated ( Wednesday, 12 August 2009 )
 
< Prev   Next >